GERBANG LOGIKA (LOGIC GATE)


Hi……
Selamat datang lagi di blogspot Ojo Rumongso Biso, Nanging Bisoho Rumongso , kali ini kita akan membahas tentang GERBANG LOGIKA. Sebelumnya kalian sudah tau kah gerbang logika itu apa ? Apa saja jenis-jenis gerbang logika ? Fungsi gerbang logika.
Nahh…………. Maka dari itu akan kita bahas di bawah nanti.

1. Pengertian Gerbang Logika
Gerbang logika adalah blok dasar dalam membentuk rangkaian elektronika digital. Gerbang logika (Logic Gate) adalah sebuah entisitas dalam pengolahan input – input yang berupa bilangan biner (hanya dua kode biner yaitu; logika 1 dan logika 0). Secara sederhana, fungsi dari gerbang logika adalah mengubah satu atau beberapa sinyal input (masukan) menjadi sebuah sinyal output (keluaran).

2. Jenis Gerbang Logika
Terdapat 7 jenis Gerbang logika :
1. Gerbang AND


Apabila semua atau salah satu input berlogika 0, maka output akan berlogika 0. Sedangkan output hanya akan berlogika 1 apabila semua inputnya berlogika 1. Pada gerbang logika ini menggunakan sistematika PERKALIAN.

2. Gebang Logika OR
 

Apabila semua atau salah satu input berlogika 1, maka output akan berlogika 1. Sedangkan output akan berlogika 0 apabila semua input berlogika 0. Pada gerbang logika ini menggunakan sistematika PENJUMLAHAN.

3. Gerbang NOT
 

Gerbang logika NOT hanya memiliki 1 input dan 1 output. Fungsi dari gerbang logika ini yaitu INVERTER(pembalik). Nilai output merupakan kebalikan dari logika input yang di berikan.

4. Gerbang NOR
 
Gerbang OR adalah gabungan dari gerbang OR dan NOT. Apabila semua arau salah satu input berlogika 1 maka output akan berlogika 0. Sedangkan output akan berlogika 1 apabila semua input berlogika 0. Jadi gerbang NOR adalah hasil keblikan dari gerbang OR.

5. Gerbang NAND
 

 

Gerbang NAND adalah gabungan dari gerbang logika AND dan NOT. Apabila semua atau salah satu input berlogika 0, maka outputnya akan berlogika 1. Sedangkan output akan berlogika 0 apabila semua input berlogika 1.

6. Gerbang XOR
 

Apabila input berbeda (contoh A=1 dan B=0) maka output berlogika 1. Sedangkan apabia input berlogika sama  maka output berlogika 0.

7. Gerbang XNOR



Apabila input berlogika berbeda (contoh A=0 dan B=1) maka output akan berlogika 0, sedangkan apabila input sama maka output akan berlogika 1 jadi gerbang XNOR adalah kebalikan dari gerbang XOR.

Mungkin sampai sini dulu ya lurr pembahasannya.... terima kasih dan selamat beraktivitas and see you next week.........
 

Posting Komentar

0 Komentar